Budget Pas-Pasan, Namun Impian Tercapai Di Hari Lebaran !!! #ResolusiLebaranKu


Hari demi hari waktu semakin cepat berlalu, tidak terasa sekarang kita sudah berada di bulan yang suci penuh berkah, dan pahala yaitu di Bulan Suci Ramadhan.
Dimana pada bulan ramadhan ini semua umat muslim menjalankan kewajibannya yaitu berpuasa, dibulan ramadhan ini juga umat muslim berlomba-lomba menjalankan kebaikan seperti, ibadah, beramal, dan lain-lain untuk mendapatkan pahala, karena pada saat bulan suci ini, jika kita berbuat kebaikan maka pahalanya akan dilipat gandakan. Oleh karena itulan bulan suci Ramadhan sangat ditunggu kedatangannya bagi umat muslim.


Sekarang kita sudah menjalankan ibadah puasa, dimana biasanya banyak orang-orang yang terlena dengan banyaknya sajian yang menjadi ikon disaat bulan suci ramadhan dan tanpa disadari begitu banyak biaya pengeluaran, apalagi disaat menjelang berbuka puasa banyak keinginan membeli untuk berbuka puasa.

            Dari banyak pengalaman yang terjadi, suatu ketika saya membaca artikel yang sangat menjadi motivasi dan menjadi panduan diri untuk mengubah hal yang buruk menjadi lebih baik lagi yaitu saya selalu membuka website cermati.com yang didalamnya banyak sekali pembelajaran yang menjadi referensi saya untuk lebih baik lagi dalam mengolah keuangan, gaya hidup, bisnis, investasi, dan lain-lain.
            Pada bulan suci Ramadhan tahun ini bagi saya sangat terasa sulit untuk masalah keuangan, akan tetapi banyak hal yang ingin saya capai pada hari lebaran nanti. Memang dibulan suci Ramadhan ini apalagi mendekati hari Kemenangan yaitu Lebaran, banyak orang yang sudah bekerja lama menjapatkan THR, dan tambahan biaya lainnya, namun sehubung saya masih duduk di bangku sekolah saya tidak mendapatkan hal seperti diatas.
Biaya yang saya punya pun tak sebanding seperti bulan suci Ramadhan tahun-tahun sebelumnya, namun saya harus tetap bersyukur apa yang saya miliki, hanya saja saya harus memutar otak untuk meminimalisir biaya agar biaya yang saya keluarkan tidak melebihi jumlah uang yang saya miliki, disaat seperti ini saya mencari referensi di website cermati.com diantaranya yaitu https://www.cermati.com/artikel/6-cara-hemat-dengan-belanja-pintar didalam artikel tersebut saya 
mendapatkan pembelajaran untuk menghemat biaya yang saya miliki.

            Berhubung saya masih duduk di bangku sekolah jadi di saat bulan suci Ramadhan saya libur sekolah, nah disaat seperti inilah saya jarang mendapatkan uang jajan sekolah, jadi saya harus menghemat biaya agar bisa mencapai apa yang saya inginkan pada hari lebaran nanti. Disaat seperti ini rasa sangat senang pasti ada namun rasa senang tersebut berbaur dengan rasa sedih karena melihat kondisi dompet yang menipis yang tidak dapat uang jajan dan saya pun tidak mempunyai penghasilan saya pun lagi lagi mendapatkan referensi pada artikel ini https://www.cermati.com/artikel/10-cara-menghasilkan-uang-saat-liburan dan saya pun mencoba keberuntungan dengan mengikuti lomba blog yang di adakan oleh cermati.com yaitu https://www.cermati.com/pages/lomba-blog-resolusi-lebaranku.

            Memutar otak memikirkan biaya yang pas-pasan agar semua keinginan yang saya impikan bisa tercapai di hari Lebaran nanti, yang saya lakukan mendapatkan referensi dari https://www.cermati.com/artikel/6-cara-hemat-dengan-belanja-pintar jadi yang saya akan lakukan agar semua impian saya terwujud dengan biaya yang saya punya yaitu:

1.  List daftar barang yang akan dibeli


    Dengan membuat list daftar barang yang dibeli bisa melihat berapa banyak yang akan dibeli dan bisa menentukan biaya yang akan dikeluarkan.

 2.  Memperkirakan budget pada barang yang akan dibeli

 
    Dengan adanya perkiraan tersebut kita bisa menghitung total jumlah barang, yang bisa saya sesuaikan dengan biaya yang saya miliki

       3.  Hindari meminjam biaya pada orang lain


    Banyak sebagian orang ingin memenuhi kebutuhan menjelang lebaran mencari solusinya dengan meminjam uang pada orang lain, menurut saya ini sangat tidak bagus untuk memecahkan masalah, dikarenakan kita harus membayar kembali uang tersebut, lebih baik meminimaliskan biaya yang kita punya, dan mengatur keuangan dengan baik baca ini https://www.cermati.com/artikel/mengapa-mengatur-keuangan-itu-penting-inilah-alasannya .

       4.  Membeli barang “Hanya” sesuai kebutuhan


    Dengan membeli barang sesuai kebutuhan biaya yang keluar akan lebih sedikit, jangan terlalu berlebihan dalam berbelanja jika biaya yang dimiliki pas-pasan.

       5.  Menahan hasrat untuk belanja berlebihan
     
    Budget pas-pasan dan tidak ada pemasukan disaat liburan sekolah, membuat saya harus menahan hasrat untuk berbelanja seperti membeli pakaian, dan acesories lainnya yang tidak seperti biasanya. Ini saya lakukan agar semua yang saya inginkan bisa tercapai dengan budget pas-pasan.

 6.  Menyeimbangkan harga barang dan budget (Berkomitmen)


    Dengan adanya keseimbangan saya bisa lebih mempertimbangakan harga dan budget yang saya miliki agar semua bisa terbeli dan budget cukup.

Dengan 6 Resolusi Lebaran yang saya rancang agar semua yang saya inginkan bisa tercapai dan tidak banyak biaya yang keluar, dengan cara seperti di atas bisa membuat saya lebih hebat dari biasanya, semoga 6 resolusi di atas bisa bermanfaat untuk semua orang, dan jangan lupa untuk terus mengunjungi website cermati.com untuk menjadi referensi kita untuk gaya hidup lebih baik. Terima Kasih. 

Jangan lupa untuk follow twitter & facebook cermat 
cermati.com :
twitter :  @cermati_ID 
facebook :  Cermati

#ResolusiLebaranKu #ResolusiLebaranKu #ResolusiLebaranKu #ResolusiLebaranKu 

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Flowchart dan Pseudocode

Jenis-Jenis Operasi JOIN Dengan MySQL

Aplikasi Membuat Segitiga Bintang Terbalik Dengan Java