Aplikasi CRUD Sederhana dengan Java Swing dan MySQL

Aplikasi CRUD Sederhana dengan Java Swing dan MySQL
Java merupakan bahasa pemrograman yang termasuk dalam golongan aplikasi berbasis desktop. Banyak sekali software yang mendukung untuk membuat program Java, diantaranya: NetBeans, Eclipse, dll. Software tersebut termasuk kedalam OOP (Object Oriented Programming), namun selain software diatas untuk membuat program Java bisa menggunakan Text Editor seperti Sublime, Notepad++ dan Notepad hanya saja file yang disimpan harus berextensi .java. Hal yang harus dilakukan jika ingin membuat program melalui text editor harus menginstall JDK / JRE agar kode yang disimpan dengan .java dikenali oleh komputer.

Untuk menghubungkan Java dengan MySQL dibutuhkan library Mysql-Connector sesuai dengan versi java-nya (bisa didapatkan di web resmi atau google).

Aplikasi CRUD atau biasa di kenal dengan Create, Read Update dan Delete merupakan operasi yang sangat sering digunakan ketika seorang programmer membuat suatu program dengan bahasa pemrograman apapun, salah satunya dengan bahasa pemrograman Java. CRUD merupakan salah satu inti dari sebuah pemrograman karena di dalam suatu program biasanya mencakup operasi Create atau menciptakan data, Read atau Menampilkan data, Update atau mengedit suatu data dan Delete atau menghapus data.

Sebelum membuat program, berikut merupakan struktur database yang akan disambungkan dengan Java:
1. Buatlah database dengan nama crud_java (saya buat di phpMyAdmin)
2. Buat tabel dengan nama jenis_barang dengan struktur table sebagai berikut:

Struktur tabel jenis_barang
Setelah langkah diatas selesai, lanjut untuk membuat program. Berikut merupakan source code untuk membuat Aplikasi CRUD Sederhana dengan Java Swing dan MySQL:
1. Buka text editor, disini saya menggunakan Sublime Text 3, Klik File - New File lalu ketikan sorce code dibawah ini:
a. Source code disimpan dengan nama config.java



b. Souce code jenis_brg.java






Apabila source code diatas telah selesai di ketik. Silahkan simpan (Ctrl+S) dengan nama jenis_brg.java
Selanjutnya silahkan buka Command Prompt (CMD), CMD berfungsi untuk menjalankan program yang telah dibuat. Silahkan masuk ke dalam direktori tempat file java tadi disimpan lalu ketikkan perintah javac jenis_brg.java dan java jenis_barang. Namun perintah berikut tidak didukung semua laptop/komputer apabila Mysql-connectornya tidak dimasukan kedalam library java. Jadi silahkan ketikan perintah berikut apabila perintah diatas tidak mendukung javac -cp mysql-connector.jar; jenis_brg.java dan java -cp mysql-connector.jar; jenis_brg
Keterangan:
file library mysql-connector.jar harus disimpan pada folder yang sama dengan file jenis_brg.java
Perintah Untuk Menjalankan Program

Hasil Program Aplikasi CRUD Sederhana dengan Java dan MySQL

Data Yang Kasuk kedalam Database Sesuai dengan Program yang Dijalankan

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Flowchart dan Pseudocode

Jenis-Jenis Operasi JOIN Dengan MySQL

Aplikasi Membuat Segitiga Bintang Terbalik Dengan Java