Friday, 10 January 2014

Visual Basic 2010 Pelajaran 7 - Operasi Matematika

            Komputer dapat melakukan perhitungan matematis jauh lebih cepat daripada manusia . Namun, komputer itu sendiri tidak akan mampu melakukan perhitungan matematis tanpa menerima instruksi dari pengguna . Dalam Visual Basic 2010 , kita dapat menulis kode untuk menginstruksikan komputer untuk melakukan perhitungan matematis seperti penambahan, pengurangan , perkalian, pembagian dan jenis lain dari operasi aritmatika . Agar Visual Basic 2010 untuk melakukan perhitungan aritmatika , kita perlu menulis kode yang melibatkan penggunaan berbagai operator aritmatika . The Basic 2010 Visual operator aritmatika yang sangat mirip dengan operator aritmatika normal, hanya dengan sedikit variasi . Para operator plus dan minus yang sama sedangkan operator perkalian menggunakan simbol * dan operator pembagian menggunakan / simbol . Daftar Visual Basic 2010 operator aritmatika yang ditunjukkan dalam tabel 7.1 di bawah ini :



contoh 7.1

             Dalam program ini , Anda harus memasukkan dua kotak teks , empat label dan satu tombol . Klik tombol dan kunci dalam kode seperti yang ditunjukkan di bawah ini . Perhatikan bagaimana berbagai operator aritmatika yang digunakan . Ketika Anda menjalankan program ini , ia akan melakukan empat operasi aritmatika dasar dan menampilkan hasilnya pada empat label .

Dim num1, num2, difference, product, quotient As Single
num1 = TextBox1.Text
num2 = TextBox2.Text
sum=num1+num2
difference=num1-num2
product = num1 * num2
quotient=num1/num2
Label1.Text=sum
Label2.Text=difference
Label3.Text = product
Label4.Text = quotient

Contoh 7.2 : Pythagoras Teorema

Program ini dapat menggunakan Teorema Pythagoras untuk menghitung panjang sisi miring c mengingat panjang sisi yang berdekatan dan sebaliknya sisi b . Dalam kasus Anda lupa rumus untuk Teorema Pythagoras , tertulis sebagai
c ^ 2 = a ^ 2 + b ^ 2

Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
Dim a, b, c As Single
a = TextBox1.Text
b = TextBox2.Text
c=(a^2+b^2)^(1/2)
Label3.Text=c
End Sub

Contoh 7.3: BMI Calculator

Banyak orang mengalami obesitas sekarang dan itu bisa mempengaruhi kesehatan mereka secara serius. Obesitas telah terbukti oleh para ahli medis untuk menjadi salah satu faktor utama yang membawa banyak masalah medis yang merugikan, termasuk penyakit jantung. Jika BMI Anda lebih dari 30, Anda dianggap obesitas. Anda dapat merujuk ke berbagai berikut nilai BMI status berat badan Anda.

Underweight = <18,5
Berat badan normal = 18,5-24,9
Kegemukan = 25-29,9
Obesitas = BMI 30 atau lebih besar

Untuk menghitung BMI Anda, Anda tidak perlu berkonsultasi dengan dokter Anda, Anda hanya bisa menggunakan kalkulator atau program komputer rumah dibuat, ini adalah persis apa yang saya menunjukkan kepada Anda di sini. Kalkulator BMI adalah program Visual Basic yang dapat menghitung indeks massa tubuh, atau BMI dari seseorang berdasarkan berat badan dalam kilogram dan tinggi badan dalam meter. BMI dapat dihitung dengan menggunakan rumus berat badan / (tinggi) 2, di mana berat badan diukur dalam kg dan tinggi dalam meter. Jika Anda hanya tahu berat badan dan tinggi pon dan kaki, maka Anda perlu untuk mengkonversikannya ke sistem metrik (Anda memang bisa menulis sebuah program VB untuk konversi).

Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArsgs) Handles Button1.Click
Dim height, weight, bmi As Single
height = TextBox1.Text
weight = TextBox2.Text
bmi = (weight) / (height ^ 2)
Label4.Text = bmi
End Sub

Output ditunjukkan pada gambar di bawah. Dalam contoh ini, tinggi badan Anda adalah 1.80m (sekitar 5 kaki 11), berat badan Anda adalah 75 kg (sekitar 168Ib), dan BMI Anda adalah tentang 23,14815. Membaca ini menunjukkan bahwa Anda sehat. (Catatan: 1 kaki = 0,3048, £ 1 = 0,45359237 kilogram)


Dari contoh di atas, Anda dapat melihat bahwa melakukan operasi aritmatika relatif mudah. Berikut adalah proyek yang lebih aritmatika Anda dapat mencoba program:

Luas segitiga
Luas persegi panjang
Luas lingkaran
Volume silinder
Volume kerucut
Volume bola
bunga berganda
nilai masa depan
berarti
perbedaan
Jumlah sudut dalam poligon
Konversi lb untuk kg
Konversi Fahrenheit ke Celcius


2 comments: