Visual Basic 2010 Pelajaran 1 – Pengantar


Visual Basic 2010 adalah versi terbaru dari Visual Basic diluncurkan oleh Microsoft pada tahun 2010 . VB2010 hampir mirip dengan Visual Basic 2008 , tetapi telah menambahkan banyak fitur baru . Seperti Visual Basic 2008 , Visual Basic 2010 juga matang Pemrograman Berorientasi Objek penuh ( OOP ) Bahasa , sehingga telah terperangkap dengan bahasa OOP lainnya seperti C + + , Java , C # dan lain-lain .

           Namun, Anda tidak perlu tahu OOP untuk belajar VB2010 . Bahkan , jika Anda sudah familiar dengan Visual Basic 6 , Anda dapat belajar VB2010 mudah karena sintaks dan antarmuka yang mirip. Visual Basic 2010 Express Edition tersedia gratis untuk di-download dari situs Microsoft .
Klik link ini:

The Integrated Development Environment ketika Anda memulai VB2010 Express ditunjukkan dalam diagram di bawah ini . The IDE Start Page terdiri dari beberapa bagian, yaitu :
Bagian Proyek Baru / Open Project .
Proyek Bagian terbaru yang menunjukkan daftar proyek yang telah dibuat oleh Anda baru-baru ini .
The Memulai Pane - ini memberikan beberapa tips bermanfaat untuk cepat mengembangkan aplikasi Anda .
Berita Terbaru bagian -It menyediakan berita online terbaru tentang Visual Basic 2010 Express . Ini akan mengumumkan rilis baru dan update
Properties Bagian - membiarkan Anda mendefinisikan sifat dari masing-masing control


Untuk mulai membuat aplikasi pertama Anda , Anda perlu untuk mengklik pada Proyek Baru . Berikut kotak dialog VB2010 New Project akan muncul .


Kotak dialog menawarkan lima jenis proyek yang dapat Anda buat . Seperti kita akan belajar untuk membuat Aplikasi windows, kita akan pilih Windows Forms Application .

Di bagian bawah kotak dialog ini , Anda dapat mengubah nama default proyek WindowsApplication1 beberapa nama lain yang Anda suka , untuk exampe , myFirstProgram . Setelah Anda memiliki nama proyek , klik OK untuk melanjutkan . Berikut IDE Windows akan muncul , hampir mirip dengan Visual Basic 6 . Ini terdiri dari formulir kosong , tab toolbox dan sifat . Tata letak sedikit berbeda dari VB2008 sebagai Toolbox tidak ditampilkan sampai Anda klik pada Toolbox tab.When Anda klik pada tab Toolbox , kontrol umum Toolbox akan muncul .



Sekarang tarik tombol kontrol ke dalam formulir , dan mengubah teks default Button1 untuk OK di jendela properti , kata OK akan muncul pada tombol dalam bentuk, seperti yang ditunjukkan di bawah ini :



Sekarang klik pada tombol OK dan jendela kode muncul . Masukkan kode sebagai berikut :



Ketika Anda menjalankan program dan klik pada tombol OK , kotak dialog akan muncul dan menampilkan " WELCOME TO VISUAL BASIC 2010" pesan , seperti yang ditunjukkan di bawah ini :


Anda telah menciptakan program VB2010 pertama Anda .



Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Flowchart dan Pseudocode

Jenis-Jenis Operasi JOIN Dengan MySQL

Aplikasi Membuat Segitiga Bintang Terbalik Dengan Java