Friday, 13 November 2015

Yang dimaksud Bahasa Pemrograman


Yang dimaksud dengan program adalah kumpulan instruksi yang digunakan untuk mengatur komputer agar melakukan suatu tindakan tertentu. Tanpa program, computer sesungguhnya tidak dapat berbuat apa-apa.
Dengan kata lain, program merupakan salah satu bagian penting pada computer yang mengatur computer agar melakukan aksi yang sesuai dengan yang dikehendaki oleh pembuatnya.
Catatan:
Orang yang membuat program biasa disebut pemrogram(programmer). Adapun aktivitas yang berhubungan dengan pembuatan program dinamakan pemrograman(programming).

Suatu program ditulis dengan mengikuti kaidah Bahasa pemrograman tertentu. Bahasa dipemrograan dapat dianalogikan dengan Bahasa yang digunakan manusia(Bahasa manusia).
Dalam Bahasa konteks pemrograman, terdapat sejumlah Bahasa pemrograman, seperti Pascal, C, C++, dan BASIC. Secara garis besar, Bahasa – Bahasa pemrograman dapat dikelompokkan menjadi:
1.       Bahasa beraras-tinggi(high-level language)
2.       Bahasa beraras-rendah(low-level language).

Bahasa beraras-tinggi adalah Bahasa pemrograman yang berorientasi kepada Bahasa manusia, biasanya menggunakan Bahasa inggris; misalnya IF untuk menyatakan “jika” dan AND untuk menyatakan “dan”.yang termasuk dalam kelompok Bahasa ini adalah Bahasa C, C++, Pascal, dan BASIC.
Bahasa beraras-rendah adalah Bahasa pemrograman yang berorientasi kepada mesin.
Bahasa mesin sangat bergantung pada mesin (machine dependent); artinya, Bahasa mesin anatara satu mesin dengan mesin yang lain jauh berbeda.
Contoh kode dalam mesin:
Instruksi Basaha Mesin
Keterangan
B402 atau
1011 0100 0000 0010
Muatlah bilangan 2 ke register AH
B22A atau
1011 0010 0010 1010
Muatlah bilangan 2A heksadesimal ke register DL
CD21 atau
1100 1101 0010 0001
Jalankan ineterupsi 21 heksadesimal

Tiga instruksi diatas digunakan untuk menampilkan tanda * pada layar.
Bandingkan dengan beberapa perintah berikut ditulis pada Bahasa pemrograman beraras tinggi:

WRITE(‘*’); (PADA PASCAL)
DISPLAY ‘*” (PADA COBOL)
PRINT “*” (PADA BASIC)
PRINTF(“*”); (PADA C)
COUT << “*”; (PADA C++)

Tampak bahwa Bahasa mesin lebih panjang dan lebih sukaat untuk dimengerti dibandingakn kode dalam Bahasa yang lebih berorientasi pada manusia.

No comments:

Post a Comment