Macam - Macam Struktur Dasar Algoritma


Algoritma terdapat tiga buah struktur dasar yang digunakan dalam menysun algoritma, yaitu:
1. Sekuensial (runtunan),
2. Seleksi,
3. Perulangan.

1. Sekuensial (runtunan)
Pada stuktur sekuensial, langkah-langkah yang digunakan dalam algoritma diproses secara berurutan sebagaimana diperlihatkan pada gambar dibawah ini:


2.stuktur Seleksi
Sturktur seleksi menyatakn pemilihan langkah yang didasarkan oleh suatu kondisi(pengambilan keputusan), gambar dibawah ini memperlihatkan diagram alir struktur seleksi yang melibatkan dua alternative.dalam hal ini symbol belah ketupat digunakan untuk mewakili langkah pengamilan keputusan.


Pada strukrur diatas, langkah 1 hanya akan dijalankan jika kondisi bernilai benar,sedangkan langakah 2 hanya akan dijalankan jika kondisi bernilai salah.

3.struktur peulangan
Perulangan menyatakan suatu tindakan atau langkah yang dijalankan beberapa kali.
Sebagai contoh , jika anda ingin menampilakn 10 tulisan “selamat bertugas”, anda akan menuliskannya dengan menggunakan struktur sekuensial.itu berarti bahwa andamemberikan 10 instruksi untuk menulikan kesepuluh tulisan tersebut.

Cara seperti itu memang praktisuntuk jumlah pengulangan yang sedikit(misalnya 2 / 3 buah pengulanga), tetapi tidak cocok untuk jumla yang besar. Agar lebih praktis,anda akan menggunakan struktur pengulangan.

Berikut struktur pengulangan:


Pada struktur diatas, prosedur dapat berupa satu atau beberapa langkah.

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Flowchart dan Pseudocode

Jenis-Jenis Operasi JOIN Dengan MySQL

Aplikasi Membuat Segitiga Bintang Terbalik Dengan Java