Thursday, 9 January 2014

Visual Basic 2010 Pelajaran 4 - Pemrograman Berorientasi Objek

Dalam tiga pelajaran , Anda telah belajar bagaimana untuk memasukkan kode program dan menjalankan program VB2010 sampel tetapi tanpa banyak pemahaman tentang logika pemrograman VB2010 . Sekarang , mari kita turun untuk belajar beberapa aturan dasar tentang menulis kode program VB2010 .

Pertama-tama , izinkan saya mengatakan bahwa meskipun VB2010 sangat mirip dengan VB6 dalam hal struktur Interface dan program, konsep dasar mereka sangat berbeda . Yang berbeda adalah bahwa VB2010 adalah Object Oriented Programming Language penuh sementara VB6 mungkin memiliki kemampuan OOP , itu tidak sepenuhnya berorientasi objek . Dalam rangka memenuhi syarat sebagai sepenuhnya berorientasi objek bahasa pemrograman , ia harus memiliki tiga teknologi inti yaitu encapsulation , inheritance dan polymorphism . Ketiga istilah tersebut dijelaskan di bawah ini :

Encapsulation
Encapsulation mengacu pada pembuatan modul mandiri yang mengikat fungsi pengolahan data. Tipe user-defined data ini disebut kelas . Setiap kelas berisi data serta seperangkat metode yang memanipulasi data . Komponen data kelas disebut variabel instan dan satu contoh dari kelas adalah obyek . Sebagai contoh, dalam sistem perpustakaan , kelas bisa menjadi anggota , dan John dan Sharon bisa dua contoh ( dua benda ) dari kelas perpustakaan

inheritance (warisan)
Dalam pemrograman berorientasi objek , kelas dibuat menurut hirarki mereka , dan warisan memungkinkan struktur dan metode dalam satu kelas yang akan diturunkan hirarki ke kelas lain . Itu berarti lebih sedikit pemrograman diperlukan saat menambahkan fungsi untuk sistem yang kompleks , oleh karena itu menghemat waktu dan usaha . Jika langkah yang ditambahkan di bagian bawah hirarki , maka hanya proses dan data yang terkait dengan langkah unik perlu ditambahkan . Segala sesuatu tentang langkah yang diwariskan . Kemampuan untuk menggunakan kembali benda-benda yang ada dianggap sebagai keuntungan utama dari pemrograman berorientasi objek .

polymorphism (polimorfisme)
Pemrograman berorientasi obyek memungkinkan prosedur tentang objek yang akan dibuat yang tepat jenis tidak diketahui sampai runtime . Sebagai contoh, sebuah kursor layar dapat berubah bentuk dari anak panah ke garis tergantung pada mode program . Rutin untuk memindahkan kursor pada layar dalam menanggapi gerakan mouse akan ditulis untuk " kursor , " dan polimorfisme kursor yang memungkinkan untuk mengambil bentuk apapun yang diperlukan pada saat runtime . Hal ini juga memungkinkan bentuk baru untuk dengan mudah diintegrasikan

VB6 bukan OOP penuh dalam arti bahwa ia tidak memiliki kemampuan warisan meskipun dapat menggunakan beberapa manfaat dari warisan . Namun, VB2010 adalah Object Oriented Programming Language berfungsi penuh , seperti OOP lainnya seperti C + + dan Java . Hal ini berbeda dari versi sebelumnya dari VB karena lebih memfokuskan pada data itu sendiri sedangkan versi sebelumnya lebih fokus pada tindakan . Versi sebelumnya dari VB dikenal sebagai bahasa pemrograman prosedural atau fungsional . Beberapa bahasa pemrograman prosedural lainnya adalah C , Pascal dan Fortran .

VB2010 memungkinkan pengguna untuk menulis program yang terurai menjadi modul . Modul ini akan mewakili benda dunia nyata dan tahu sebagai kelas atau jenis . Sebuah objek dapat diciptakan dari sebuah kelas dan dikenal sebagai instance dari kelas . Kelas A juga dapat terdiri dari subclass . Misalnya, pohon apel merupakan subclass dari kelas tanaman dan apel di halaman belakang Anda adalah turunan dari kelas pohon apel . Contoh lain adalah siswa kelas adalah subclass dari kelas manusia sementara anak Anda John adalah turunan dari kelas mahasiswa .

Kelas A terdiri dari anggota data serta metode . Di VB2010 , struktur program untuk mendefinisikan kelas Manusia dapat ditulis sebagai berikut :

Public Class Human
‘Data Members
Private Name As String
Private Birthdate As String
Private Gender As String
Private Age As Integer
‘Methods

Overridable Sub ShowInfo( )
MessageBox.Show(Name)
MessageBox.Show(Birthdate)
MessageBox.Show(Gender)
MessageBox.Show(Age)
End Sub
End Class

Mari kita lihat satu contoh tentang bagaimana untuk membuat kelas. Contoh berikut ini menunjukkan Anda bagaimana untuk membuat sebuah kelas yang dapat menghitung BMI Anda (Body Mass Index).
Untuk membuat kelas, mulai VB2010 seperti biasa dan memilih Windows Aplikasi. Di VB2010 IDE, klik pada Project pada menu bar dan pilih Add Class, Add New Item dialog muncul, seperti terlihat pada Gambar di bawah ini:


Kelas standar Class1.vb akan muncul sebagai tab baru dengan jendela kode. Ubah nama kelas sebagai MyClass.vb. Ubah nama formulir sebagaimana MyFirstClass.vb.

Sekarang, di jendela MyClass.vb, masukkan kode berikut:
Public Function BMI(ByVal height As Single, ByVal weight As Single)
BMI = Format((weight) / (height ^ 2), “0.00″)
End Function
Sekarang Anda telah membuat sebuah kelas (objek) disebut MyClass dengan metode yang dikenal sebagai BMI.
Untuk menggunakan kelas BMI, masukkan tombol ke dalam formulir dan klik pada tombol untuk memasukkan kode berikut:

Private Sub BtnCalBmi_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles BtnCalBmi.Click
Dim MyObject As Object
Dim h, w As Single
MyObject = New MyClass1()
h = InputBox(“What is your height in meter”)
w = InputBox(“What is your weight in kg”)
MessageBox.Show(MyObject.BMI(h, w))
End Sub

Ketika Anda menjalankan program ini dan klik tombol, pengguna akan disajikan dengan dua kotak input untuk memasukkan tinggi dan berat badan nya kemudian dan nilai BMI akan ditampilkan dalam kotak pesan pop-up.

Sumber: http://www.vbtutor.net/index.php/visual-basic-2010-lesson-4/

No comments:

Post a Comment