Thursday, 9 January 2014

Visual Basic 2010 Pelajaran 3 - Bekerja dengan Kontrol Properti


3.1 Kontrol properti di VB 2010
Sebelum menulis prosedur event untuk kontrol dalam Visual Basic 2010 untuk menanggapi masukan pengguna , Anda harus mengatur properti tertentu untuk kontrol untuk menentukan penampilan dan bagaimana ia akan bekerja dengan event prosedur . Anda dapat mengatur properti dari kontrol pada jendela properti pada waktu desain atau runtime . Gambar 3.2 di sebelah kanan adalah jendela properti khas untuk bentuk dalam Visual Basic 2010 IDE .

         Judul formulir ditentukan oleh properti Text dan nama default adalah Formulir 1 . Untuk mengubah judul form untuk setiap nama yang Anda sukai, klik sederhana dalam kotak di sebelah kanan properti Text dan ketik nama baru , dalam contoh ini , judul Penambahan Kalkulator . Perhatikan bahwa judul ini akan muncul di atas jendela . Di jendela properti , item muncul di bagian atas adalah objek yang sedang dipilih ( pada Gambar 3.1 , objek yang dipilih adalah Form1 ) . Di bagian bawah , item yang tercantum di kolom kiri merupakan nama-nama berbagai properti yang berhubungan dengan objek yang dipilih sedangkan item yang tercantum di kolom kanan mewakili negara bagian properti .


          Properti dapat diatur dengan menyorot item dalam kolom kanan kemudian mengubahnya dengan mengetikkan atau memilih pilihan yang tersedia . Anda juga dapat mengubah sifat-sifat lain dari bentuk seperti font, lokasi, ukuran , warna foreground , warna latar belakang , MaximizeBox , MinimizeBox dan lain-lain Anda juga dapat mengubah properti dari objek saat runtime untuk memberikan efek khusus seperti perubahan warna , bentuk , efek animasi dan sebagainya .

Sebagai contoh kode berikut akan mengubah warna bentuk menjadi kuning setiap kali bentuk yang dimuat . Visual Basic 2010 menggunakan RGB (Red , Green, Blue) untuk menentukan warna . The RGB kode untuk kuning 255,255,0 . Saya dalam kode merujuk ke bentuk saat ini dan Backcolor adalah milik warna latar belakang form . Rumus untuk menetapkan warna RGB ke bentuk adalah Color.FormArbg (kode RGB ) . Prosedur acara adalah sebagai berikut :

Public Class Form1 Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
Me.BackColor = Color.FromArgb(255, 0, 255)
End Sub
End Class
Anda juga dapat menggunakan prosedur berikut untuk menetapkan warna pada waktu berjalan .
Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
Me.BackColor = Color.Magenta
End Sub

Kedua prosedur di atas akan memuat formulir dengan latar belakang magenta sebagai berikut :




Berikut adalah beberapa warna yang umum dan sesuai kode RGB . Anda dapat selalu bereksperimen dengan kombinasi lainnya , tapi ingat jumlah maksimum untuk setiap warna adalah 255 dan jumlah minimum adalah 0 .



Berikut ini adalah program lain yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan kode RGB menjadi tiga kotak teks yang berbeda dan ketika dia mengklik tombol layar warna , warna latar belakang formulir akan berubah sesuai dengan kode RGB . Jadi , program ini memungkinkan pengguna untuk mengubah properti warna formulir di run time .\



Kode
Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
Dim rgb1, rgb2, rgb3 As Integer
rgb1 = TextBox1.Text
rgb2 = TextBox2.Text
rgb3 = TextBox3.Text
Me.BackColor = Color.FromArgb(rgb1, rgb2, rgb3)
End Sub

No comments:

Post a Comment