Visual Basic 2010 Pelajaran 2 - Bekerja dengan Controls


          Kontrol dalam Visual Basic 2010 adalah alat yang dapat ditempatkan dalam bentuk untuk melakukan berbagai tugas . Kita dapat menggunakannya untuk membuat segala macam aplikasi Windows. Diagram di bawah ini menunjukkan Toolbox yang berisi kontrol dari Visual Basic 2010 . Mereka dikategorikan ke dalam Kontrol umum , Containers , Menu , Toolbar , Data , Komponen , percetakan dan Dialog . Pada saat ini , kita akan fokus pada kontrol umum . Beberapa yang paling umum adalah menggunakan kontrol Button, Label , ComboBox , ListBox , PictureBox , TextBox dan banyak lagi.

        Untuk memasukkan kontrol ke formulir Anda , Anda hanya perlu untuk menyeret kontrol dari kotak alat dan menjatuhkannya ke dalam formulir . Anda dapat reposisi dan mengubah ukurannya yang Anda inginkan . Mari kita memeriksa beberapa contoh yang memanfaatkan Button, Label , TextBox , ListBox dan PictureBox . Anda tidak perlu khawatir begitu banyak tentang kode namun karena saya akan menjelaskan sintaks program karena Anda maju ke pelajaran nanti .




Ketika Anda mengklik pada tab Toolbox , kontrol umum Toolbox akan muncul .



2.1 Membuat program pertama Anda

         Untuk membuat program pertama Anda , tarik tombol kontrol ke dalam formulir , dan mengubah teks default Button1 untuk OK di jendela properti , kata OK akan muncul pada tombol dalam bentuk, seperti yang ditunjukkan di bawah ini :


Sekarang klik pada tombol OK dan jendela kode muncul . Masukkan kode sebagai berikut :


Ketika Anda menjalankan program dan klik pada tombol OK , kotak dialog akan muncul dan menampilkan " WELCOME TO VISUAL BASIC 2010" pesan , seperti yang ditunjukkan di bawah ini :

 Anda telah membuat program pertama Anda Visual Basic 2010 .

2.2 Menggunakan Text Box

         Berikutnya saya akan menunjukkan cara untuk membuat sebuah kalkulator sederhana yang menambahkan dua angka menggunakan kontrol TextBox . Dalam program ini , Anda memasukkan dua kotak teks , tiga label dan satu tombol . Dua kotak teks bagi pengguna untuk memasukkan dua nomor , satu label adalah untuk menampilkan operator penambahan dan label lainnya adalah untuk menampilkan tanda sama . Label terakhir adalah untuk menampilkan jawabannya . Sekarang mengubah label pada tombol untuk Hitung , kemudian klik pada tombol ini dan masukkan kode berikut :

Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
Dim num1, num2, product As Single
num1 = TextBox1.Text
num2 = TextBox2.Text
product = num1 + num2
Label1.Text = product
End Sub

Ketika Anda menjalankan program dan memasukkan dua nomor , menekan tombol menghitung akan memungkinkan program untuk menambahkan dua angka 


Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Flowchart dan Pseudocode

Jenis-Jenis Operasi JOIN Dengan MySQL

Aplikasi Membuat Segitiga Bintang Terbalik Dengan Java